SELAMAT DATANG Di Gina's Blog

Selasa, 21 Desember 2010

SHORT WAVE DIATERMI (SWD)


Dalam beberapa dekade terakhir atau lebih, banyak profesional medis telah menemukan bahwa ada beberapa cara untuk membantu pasien mereka dalam penyembuhan tanpa menggunakan atau dengan membatasi penggunaan obat penghilang rasa sakit yang digunakan dalam jangka panjang. Hal-hal seperti terapi pijat, stimulator neuromuskuler, dan terapi ultrasound telah merevolusi cara komunitas medis dalam membantu penyembuhan pasien. Jenis teknologi lain yang telah menunjukkan nilai riil dalam bidang klinis adalah diatermi gelombang pendek. Metode ini berfungsi untuk mengendalikan rasa sakit dan meningkatkan aliran darah ke daerah-daerah otot yang rusak dengan tindakan panas yang sampai ke dalam jaringan (deep heat). Dalam hubungannya dengan obat-obatan berbasis non terapi, diatermi gelombang pendek dapat membantu sejumlah besar pasien dengan berbagai tingkat cedera serta berbagai jenis cedera. Melihat lebih dekat pada praktek kita berharap bahwa diatermi gelombang pendek ini bisa dimasukkan sebagai  bagian dari teknologi medis.
Definisi :
SWD merupakan arus bolak balik dengan frekuensi tinggi. SWD digunakan sebagai modalitas fisioterapi untuk memperoleh pengaruh panas dalam jaringan lokal, merileksasi otot, mengurangi nyeri dan meningkatkan metabolisme sel-sel. SWD dapat mempercepat proses yang terlibat dalam respon inflamasi dan merangsang penyembuhan jaringan.Panas yang ditimbulkan akan berpengaruh terhadap jaringan ikat terutama otot, tendon, kapsul sendi dan ligamentum yang akan menyebabkan terjadinya penurunan viscositas matrik sehingga elastisitas juga meningkat. Dengan meningkatnya elastisitas otot maka tonus otot menurun melalui normalisasi nosi-sensoris, sehingga akan menurunkan nyeri.

Persiapan Alat : Meliputi pemeriksaan kabel apakah kabel berada pada kondisi baik atau tidak, pemeriksaan voltage, pad elektrode/glass elektrode, tabung reaksi untuk tes sensasi, lampu detektor. Pasang elektrode pada mesin, kemudian kabel mesin dihubungkan dengan arus listrik. Mesin dihidupkan dari intensitas rendah kemudian dinaikkan pelanpelan hingga mencapai tuning yang diinginkan untuk pemanasan mesin. Atur waktu ± 2 menit. Cara mengetahui tuning dapat langsung dilihat pada lampu detektor yang didekatkan pada kabeel atau elektrode, apabila lampu menyala berarti diap untuk digunakan atau bisa juga melihat lampu yang ada pada SWD.
Persiapan Pasien : Posisi pasien duduk ongkang-ongkang di tepi bed dan kakidisangga dengan stole dengan rileks, daerah diterapi dibebaskan  dari pakaian, dibersihkan serta harus kering, pada daerah tersebut dilakukan tes sensasi panas dingin dengan menggunakan tabung reaksi yang sau diisi air panas dan yang satu diisi air dingin. Kedua tabung ditempatkan pada kulit pasien secara bergantian. Apabila pasien dapat membedakan sensasi panas, dingin, SWD dapat diberikan. Pasein diberi penjelasan tidak boleh mrubah posisi elektrode, posisi dari anggota yang diterapi dan dilarang merubah tombol-tombol yang tertera pada SWD.
Pelaksanaan terapi : Posisi pasien duduk ongkang-ongkang di tepi bed dan kaki disangga dengan stole dengan rileks, daerah diterapi dibebaskan  dari pakaian, dibersihkan serta harus kering, pada daerah tersebut dilakukan tes sensasi panas dingin dengan menggunakan tabung reaksi yang sau diisi air panas dan yang satu diisi air dingin. Kedua tabung ditempatkan pada kulit pasien secara bergantian. Apabila pasien dapat membedakan sensasi panas, dingin, SWD dapat diberikan. Pasein diberi penjelasan tidak boleh mrubah posisi elektrode, posisi dari anggota yang diterapi dan dilarang merubah tombol-tombol yang tertera pada SWD.
Efek Samping :   Beberapa pasien mungkin mengalami luka bakar dangkal. Karena terapi melibatkan panas, maka penggunaannya perlu hati-hati untuk menghindari luka bakar, khususnya pada pasien yang cedera dan telah terjadi penurunan sensitivitas terhadap panas. Selain itu, diatermi dapat mempengaruhi fungsi alat pacu jantung dan pasien wanita yang menerima perawatan di punggung bawah atau daerah panggul dapat mengalami peningkatan aliran menstruasi.

1 komentar:

  1. Dapatkan alat fisioterapi swd hanya dengan 9jt an di www.indonesianrehabequipment.com

    BalasHapus